Skip to main content

Featured Post

Port Knocking Mikrotik

  Port knocking adalah metode keamanan di router MikroTik yang memungkinkan akses ke port tertentu hanya setelah serangkaian permintaan atau ketukan spesifik pada port yang telah ditentukan sebelumnya. Fungsi dari metode ini adalah untuk meningkatkan keamanan jaringan dengan menyembunyikan port dan hanya membuka akses ke port tersebut setelah urutan permintaan yang tepat diterima, sehingga hanya admin atau pengguna yang memiliki pengetahuan tentang urutan tersebut yang dapat mengakses router.  Kali ini saya akan membuat contoh cara mengonfigurasi port knocking sederhana pada mikrotik Bahan :  MikrotikOS Client Windows / Linux    Pertama, pastikan windows sudah satu network dan sudah bisa ping router, Buat filter rule baru dengan chain input dan protocol icmp lalu ke tab action dan pilih "Add src to address list" dan buat nama bebas untuk "Address list" dengan timeout 10 menit  Selanjutnya buat filter rule baru lagi dengan chain input  pada bagian Src. Address

Blok Youtube Mikrotik

 

   Resep Perkedel Daging ala Jepang untuk Lauk Makan Nasi

 Dalam mikrotik terdapat fitur untuk memblokir suatu website atau content yang ada di internet, fitur ini biasanya digunakan untuk membatasi client agar tidak memasuki web yang dilarang, pada kali ini saya akan memblokir youtube menggunakan router mikrotik virtual.

    Ada banyak cara untuk memblokir suatu content atau website di mikrotik. Kali ini saya akan menggunakan layer 7 untuk memblokir website youtube.

Bahan : 

  • MikrotikOS
  • Virtual Client : windows / Linux

 

Pastikan Ip client sudah satu network dengan router



Masuk Ip / firewall / layer7 protocol dan buat baru dengan nama yutub dan 

isi script regexp dengan " ^.+(youtube.com).*$"


 
Tambahkan rules baru pada filter rules dengan chain forward 
dan source address ip ether2 / client

 pada tab advanced isi bagian layer7 protocol dengan nama layer7 protcol 
yang sudah dibuat sebelumnya
 

 pada tab action pilih drop 
 
Tes ping ke youtube


 

 Tes menggunakan browser pada client
 
TQ 
 







 

 

 





Comments